Display Laptop Gaming Asus ROG Strix Scar 16 dan Kelebihannya

Posting Komentar

 

Laptop-gaming
Gambar: www.id.store.asus.com

Banyak kriteria yang perlu jadi perhatian saat memilih laptop gaming, contohnya adalah monitor atau display. Mengetahui seluk-beluk teknologi ini penting guna mendapatkan pengalaman visual yang baik. Apalagi untuk kebutuhan gaming, teknologi visualnya menjadi krusial. 

Salah satu laptop gaming keluaran terbaru yang memiliki teknologi visual powerful adalah Asus ROG Strix Scar 16 yang resmi rilis pada tahun 2023. Asus ROG Strix Scar 16 memiliki teknologi powerful, utamanya pada visual layarnya.

Laptop ini menggunakan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4090. Kemudian teknologi layarnya menggunakan Mini LED ROG Nebula HDR berukuran 16 inci, resolusi QHD dengan rasio layar 16:10, refresh rate 240Hz dan warna DCI-P3 100%. Terdengar powerful sekali bukan?

Lantas, apa saja peran atau nilai tambah dari setiap teknologi pada visual layar Asus ROG Strix Scar 16 tersebut? Untuk detailnya, mari kita simak penjelasan berikut.

Kupas Tuntas Display Asus ROG Strix Scar 16 yang Powerful

Memiliki laptop gaming super canggih tentu jadi impian para gamers. Melihat tingginya permintaan pasar, produsen laptop pun berlomba-lomba meluncurkan laptop gaming dengan teknologi powerful, salah satunya adalah Asus ROG Strix Scar 16.

ASUS-ROG
Gambar: www.id.store.asus.com

Laptop gaming ini baru rilis pada tahun 2023, namun langsung mencuri perhatian karena teknologinya yang super canggih. Salah satunya terdapat pada teknologi visual yang menggunakan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4090. 

Kemudian teknologi layarnya menggunakan Mini LED ROG Nebula HDR berukuran 16 inci, resolusi QHD dengan rasio layar 16:10, refresh rate 240Hz dan warna DCI-P3 100%. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang teknologi visual Asus ROG Strix Scar 16 tersebut.

1.Grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4090

Kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 4090 merupakan GPU pertama yang  memiliki boost clock sebesar 2700 MHz.  Angka ini merupakan yang tertinggi pada teknologi RTX™ saat ini. 

Selain itu, terdapat logam cair sebagai interface termal yang memaksimalkan kemampuan konduktivitas yang luar biasa. Manfaat adanya logam cair ini membuat sistem pendinginan laptop menjadi lebih baik. 

Selain penggunaan logam cair, sistem pendinginan juga memiliki cold plate khusus dengan kipas pompa yang sudah tertanam. Dengan demikian, laptop ini memiliki sirkulasi udara panas yang sangat baik, sehingga aman untuk bermain game dan meminimalisir terjadinya overheat. 

2.Teknologi Layar Menggunakan Mini LED ROG Nebula HDR

Teknologi mini LED merupakan lanjutan dari panel LCD yang menjanjikan kualitas visual yang lebih maksimal. Panel LCD tersusun atas kelompok kecil yang masing-masingnya memiliki lampu LED untuk menampilkan visual pada monitor laptop.

Karena lampu LED tersebut selalu menyala, maka bagian hitam pada monitor terlihat seperti abu-abu, dan membuat tampilan visual memudar. Kekurangan inilah yang terjawab oleh teknologi panel mini LED.

Panel mini LED memiliki ukuran lampu yang jauh lebih kecil dari panel LED. Bukan hanya itu, panel mini LED juga memiliki diodes yang lebih padat sehingga memberikan 512 zona mini LED yang terpisah dan mampu redup dengan sendirinya.

Dengan teknologi demikian, maka warna hitam akan tampak lebih gelap. Akhirnya, panel mini LED dapat menciptakan visual yang memanjakan mata. Teknologi ini sudah tersemat pada Asus ROG Strix Scar 16, sehingga Anda memiliki pengalaman bermain game dengan visual yang sangat nyata.

3. Resolusi Layar Quad HD

Kualitas visual Asus ROG Strix Scar 16 makin maksimal dengan penambahan resolusi layar menjadi Quad HD. Resolusi layar pada laptop sangat menentukan kualitas visual yang ditampilkan. Semakin tinggi resolusi, maka semakin tajam pula tampilan visualnya.

Pada Asus ROG Strix Scar 16, resolusi layar menggunakan Quad HD atau 2K. Kelebihan dari QHD adalah memiliki tingkat ketajaman empat kali lipat lebih baik daripada resolusi HD. Ukuran resolusi HD adalah 1280 x 720 piksel.

Untuk kebutuhan sehari-hari, visual HD saja sebenarnya sudah cukup memberikan visual yang jelas. Sekarang bayangkan, Anda menggunakan laptop dengan visual empat kali lipatnya dari resolusi HD? Sangat mengagumkan bukan?

Tentunya pengalaman tersebut bisa Anda dapatkan dari Asus ROG Strix Scar 16, laptop gaming yang sangat powerful. 

Laptop-ASUS
Gambar: www.id.store.asus.com

Demikianlah informasi terkait detail teknologi visual Asus ROG Strix Scar 16. Mulai dari kartu grafis teknologi terbaru, kemudian panel mini LED yang memiliki resolusi 2K. Jadi memang benar bahwa Asus ROG Strix Scar 16 sesuai dengan nama dan klaimnya, yaitu laptop gaming paling powerful di tahun 2023. 

Latifah Kusuma
Challenger. Pribadi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7

Related Posts

Posting Komentar