Livable City Ala Sinar Mas Land Untuk Hunian Masa Depan

Posting Komentar

Alfiore
Alfiore - Doc: sinarmasland.com

Apa sih yang jadi pertimbangan saat memilih hunian impian? Dekat dengan orang tua? Dekat dengan fasilitas umum? Kota ramah anak? Atau terbebas dari tetangga julid? Mungkin setiap keluarga memiliki pandangan yang berbeda. Tergantung bagaimana kondisi keuangan, kebutuhan, penyesuaian dengan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Namun pernahkah kamu mendengar istilah livable city atau kota layak huni? Belakangan ini kota layak huni menjadi salah satu pertimbangan penting bagi keluarga yang sedang merencanakan hunian impian. Terlepas dari prosesnya, mau bangun rumah sendiri atau beli rumah jadi, menurutku faktor eksternal juga harus diperhatikan.

Nah, faktor eksternal ini bisa dilihat dari lokasi, suasana, dan fasilitas di sekitarnya. Bayangkan kalau lokasi rumah sudah dekat dengan orang tua dan mertua, tapi lingkungannya dikelilingi sungai besar rawan banjir? Tentu kita harus membuat keputusan bijak, apakah mau mengambil rumah di dekat sungai rawan banjir atau memilih lokasi lain yang agak jauh dari rumah ortu tapi lebih aman.

Apa Itu Livable City?


Menurut Wheeler, livable city adalah gambaran lingkungan dan suasana kota yang nyaman sebagai tempat tinggal dan sebagai tempat beraktivitas yang dilihat dari berbagai variabel, baik fisik maupun non fisik.

Indikator Kota Layak Huni


“Layak huni” memang bukan sekadar kata, melainkan penuh makna. Ada kriteria khusus hingga sebuah daerah mendapatkan label tersebut. Ikatan Ahli Perencana (IAP) merumuskan 7 indikator umum sebuah kota disebut layak huni, yaitu:

  • Ketersediaan kebutuhan dasar (rumah layak, air bersih, jaringan listrik, sanitasi, akses pangan mudah)
  • Ketersediaan fasilitas umum (jalan, jembatan, halte, dll) dan fasilitas sosial (sekolah, rumah sakit, pasar, dll)
  • Ketersediaan ruang publik sebagai wadah interaksi
  • Keamanan untuk masyarakat
  • Lingkungan berkualitas (udara bersih, ada tempat penampungan sampah, dll)
  • Dukungan fungsi ekonomi, sosial, dan budaya kota
  • Partisipasi masyarakat dalam pembangunan


Sementara itu, Sinar Mas Land sebagai pengembang terpercaya di Indonesia juga menerapkan livable city di setiap proyeknya. Dalam hal ini Sinar Mas Land memiliki 4 pilar sebagai konsep pembangunannya:

Live


Yaps, live di sini mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat. Hal yang paling diperhatikan yaitu kenyamanan hunian, pusat perbelanjaan yang lengkap, ruang publik yang memadai, akses jalan lancar, dan keamanan lingkungannya.

Learn


Sarana dan prasarana pendidikan juga sangat diperhatikan agar penghuni bisa mendapatkan akses berkualitas tanpa mengeluarkan banyak effort. Oleh karena itu lokasi hunian akan dipilih dengan mempertimbangkan letak sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga menengah atas, dan universitas terbaik.

Work


Pusat perkantoran, green office, kota industry, dan area komersial juga menjadi hal penting dalam penerapan livable city di Indonesia. Maka tak heran jika para worka holic sangat memperhatikan kondisi lingkungan kerja. Ya, kenyamanan dan keamanan dalam bekerja selalu jadi nomor satu!

Play


Tak hanya anak-anak, orang dewasa juga butuh ruang hiburan yang nyaman. Oleh karena itu, lingkungan dengan pusat olahraga, taman, wahana rekreasi, hingga pusat kuliner akan selalu diminati. Terlebih jika lingkungan ini menawarkan paket hiburan lengkap atau satu area bisa untuk berbagai aktivitas. Cocok untuk melepas penat seluruh anggota keluarga.

Livable City di Indonesia


Pada tahun 2019, IAP melakukan survei untuk menentukan kota layak huni di Indonesia. Survei tersebut dilakukan di 26 kota dari 19 provinsi. Sementara jumlah responden 200 orang dari masing-masing kota.

6 kota dengan peringkat tertinggi "layak huni" yaitu Solo, Palembang, Denpasar, Tangerang Selatan, Bandung, dan Malang. Kota-kota tersebut memiliki keunikan dan fasilitas masing-masing. Yang jelas tak hanya cocok untuk tempat tinggal, kota layak huni juga cocok untuk mendirikan usaha. Ibarat sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.

Proyek Rumah Impian di Kota Layak Huni


Sinar Mas Land kembangkan konsep Livable City. Sebagai developer properti terbesar dan terpercaya, Sinar Mas Land turut menyajikan hunian impian di beberapa livable city Indonesia. Misalnya di kawasan BSD City dan Tangerang.

Sinar Mas Land
Value - Doc: sinarmasland.com

Dengan pengalaman selama 40 tahun, Sinar Mas Land mampu memberikan inovasi, integritas, serta komitmen untuk konsumen. Sinar Mas Land tak hanya memberikan hunian berkualitas, tetapi juga lingkungan yang aman dan nyaman.

Welton by Hiera
Welton by Hiera - Doc: sinarmasland.com

Misalnya saja Welton by Hiera di kawasan BSD City. Dilihat dari desainnya, rumah ini tipe mewah modern. Unik. Dari segi fungsi dan keamanan juga sangat memenuhi standar. Jika kamu ingin hidup nyaman di salah satu livable city Indonesia, Welton by Hiera bisa jadi pilihan.

Tak hanya desain dan kualitasnya yang oke, fasilitas dan lingkungannya juga recommended. Ada trek jogging, kolam renang, dan area bermain. Cocok untuk keluarga yang ingin membangun kedekatan emosional antara orang tua dan anak.

Sinar Mas Land masih punya berbagai proyek rumah impian di kota layak huni. Siapkah kamu menjadi pemilik salah satu proyeknya?

Layton Navapark
Layton Navapark - Doc: sinarmasland.com

Karena hunian impian bukan sekadar rumah mewah, melainkan juga lingkungan dan fasilitas yang mendukung.

References:
Journal.itny.ac.id
https://satudata.kedirikota.go.id/data_iku/detail/25-indeks-kota-layak-huni#:~:text=Sebuah%20kota%20layak%20huni%20dapat,%2C%20ketercukupan%20pangan%2C%20dan%20lainnya) 
Latifah Kusuma
Challenger. Pribadi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7

Related Posts

Posting Komentar