Tips Service Motor Matic Rutin Agar Berkendara Selalu Nyaman

7 komentar

 

tips service motor matic

Aku sudah 7 tahun belakangan ini beraktivitas ditemani motor matic kesayangan. Mulai dari kuliah, membangun bisnis, bekerja, hingga motorcycle travelling keliling Jawa Tengah. Segala aktivitas menjadi asyik karena kondisi motor masih fit dan lincah. Padahal, motor sejenis banyak yang sudah rusak ini itunya jika sudah digunakan selama 7 tahun.

 

Nah, kunci utama performa motorku masih oke adalah service rutin. Meski perempuan seringkali dikaitkan dengan istilah “nggak paham mesin”, “jarang service motor”, atau “taunya pakai doang kalau udah rusak baru nangis”, I’m sorry, aku tidak begitu. Sejak pertama membeli motor kesayangan ini,, aku belajar sedikit demi sedikit tentang perawatannya agar motorku selalu nyaman dan mesinnya awet.

 

Sesuai buku petunjuk yang aku dapatkan setelah pembelian, aku rutin service motor dan mengganti olinya secara berkala. Aku sudah mencicipi asam manis dunia per-service-an motor matic karena selalu mengantar sendiri motornya ke bengkel. Meski belum terlalu paham tentang detail mesin, tapi aku mau share 5 tips service motor matic secara rutin agar berkendara selalu nyaman:

 

Pilih Bengkel Terpercaya

 

Service motor matic berkualitas hanya bisa didapatkan dari bengkel terbaik. Kalau di kotaku ada banyak Planet Ban yang jadi andalan. Hampir di tiap ruas jalan di kota ada bengkel ini. Di sini juga menyediakan service lengkap yang menjadikan motor serasa pakai mesin baru.

 

Service lengkap agar motor menjadi rasa mesin baru ini biasanya disebut sistem service terpadu. Tujuannya untuk meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan biaya yang lebih hemat. Fokus pemeriksaan service terpadu yaitu bagian vital yang jarang diservis dan jarang dicek.

 

Dulu aku bertanya-tanya kenapa orang-orang gemar service di Planet Ban, ternyata ada 3 keunggulan yang customer dapatkan:

  • Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi untuk meningkatkan performa motor dan melindungi mesin.
  • Jika dipadukan dengan sparepart asli, pemakaian oli akan menjadi nyaman, awet, dan tarikan ringan.
  • Ganti oli cukup 4-6 bulan sekali atau setara dengan jarak tempuh 5000 km sehingga lebih hemat.

 

Kenapa sih Planet Ban jadi andalan? Dari pengalaman pribadi nih, kalau service di tempat lain kadang masih ada debu dan kotoran yang menempel. Pernah nih pegangan stang motor masih kotor kena oli. Alhasil tanganku full kotor juga.

 

Berbeda dengan layanan di Planet Ban, seluruh bagian akan dibersihkan secara maksimal hingga terlihat Nampak baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, hingga piston juga dibersihkan dengan teliti. Dengan begitu mesin lebih awet, tarikan enteng, hemat bahan bakar, dan emisi turun hingga 70%.

 

Biaya service motor di Planet Ban juga lebih terjangkau dibandingkan dengan bengkel lain. Sekali service motor injeksi dikenakan biaya Rp 20.000 saja. Sementara service CVT sekaligus rantai Rp 19.500 dan service throttle body hanya Rp 20.000. Tentu saja biaya ini terjangkau untuk mahasiswa, karyawan, hingga ibu rumah tangga.

 

Perhatikan Rentang Waktu Service Motor

 

Aku melakukan service motor 2 bulan sekali sesuai anjuran buku panduan dan mekanik di Planet Ban. Sementara ganti olinya tergantung jenis oli yang digunakan. Normalnya sih ganti oli tiap jarak tempuh 2000 km. Tapi kalau di Planet Ban ada jenis oli yang bisa diganti tiap jarak tempuh 5000 km. Pastikan kamu selalu mencatat dan menghitung rentang waktu service dan ganti oli agar performa mesin motor selalu sehat.

 

Cek Sendiri Bagian yang Harus Diganti

 

Saat service motor di bengkel, terkadang mekanik menginformasikan bagian mana saja yang perlu diganti. Sayangnya sebagian orang langsung percaya dan setuju mengganti part tersebut. Saranku, lihat dan cek sendiri bagian mana yang akan diganti. Jika kondisinya memang sudah rusak atau tidak layak, silakan tanya dahulu biayanya. Kalau masuk akal, bisa langsung segera diganti.

 

Riset Harga dan Detail Spare Part

 

Nah, jika ada spare part motor yang harus diganti tetapi kamu kurang paham dengan fungsi dan harganya, kamu bisa minta pending dahulu. Bisa juga minta penjelasan tentang fungsi part tersebut, merk-merk yang cocok untuk motor kami, dan rentang biayanya. Jika masih belum yakin, kamu bisa konsultasi dahulu ke orang terdekat, lalu mengganti di kemudian hari.

 

Pilih Layanan Service Lengkap “8 Bagian”

 

Meski sudah rutin service, motorku pernah macet di tengah persimpangan jalan. Setelah dihidupkan kembali bisa nyala dan normal kembali. Keesokan harinya tiba-tiba mesin motor mati lagi. Ternyata akinya sudah lemah dan butuh segera diganti. Memang saat itu aku belum memilih paket service motor terlengkap.

 

Berikut ini 8 bagian yang wajib dicek saat service motor matic agar performa selalu nyaman dan lincah:

 

Oli Mesin

 

Ini bagian wajib dicek dan diganti berkala agar mesin motor tetap sehat setiap saat. Oli mesin sendiri berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung. Oli motor matic biasanya diganti setiap jarak tempuh 2500 km. Aku sendiri selalu mencatat tanggal terakhir service dan ganti oli serta angka kilometer jarak tempuh saat service dan ganti oli terakhir. Dengan begitu aku tidak telat service atau mengganti oli mesin.

 

oli motor matic
Oli motor matic - Doc: Instagram planetban

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrik atau retailer otomotif yang berani memberikan rekomendasi penggantian oli tiap jarak tempuh bertambah 5000 km atau dua kali lipat dari biasanya. Alasannya oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi wajar sih kalau retailer ini  mengklaim bisa 2 kali lebih awet daripada oli biasa.

 

Oli Gardan

 

Jenis oli ini berfungsi sebagai pelumas gear yang ada di Continuosly Variable Transmission (CVT). Dengan kata lain, pengguna motor matic wajib ganti oli gardan secara rutin. Biasanya sih diganti tiap 2 kali ganti oli mesin. Aku sendiri aktif cek nota service untuk memantau penggantian oli gardan ini, biasanya dicantumkan.

 

Busi

 

Jika tidak rutin diganti, busi bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Busi merupakan bagian penting yang berfungsi untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin motor menyala.

 

Kampas Rem

 

Rem ibarat jantung dari sebuah motor matic. Jika eror sedikit saja maka bisa berdampak pada keselamatan pengendara. Oleh karena itu pemilik sepeda motor harus selalu cek  kampas rem. Jika sudah tipis atau tidak layak maka butuh segera diganti.

 

Filter Udara

 

Bagian yang berfungsi menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar tidak ada kotoran yang masuk yaitu filter. Jika banyak kotoran, sistem injeksi dan karburator akan tersumbat. Jadi penting sekali mengecek fiter udara ini tiap kali service motor.

 

Aki

 

Faktanya banyak orang yang kurang peduli dengan jadwal cek aki. Mayoritas hanya mengganti aki jika motor terlanjur macet. Padahal aki normalnya bertahan 1,5 hingga 2 tahun. Atau bisa dilihat dari tegangan yang dihasilkan. Aki normal biasanya memiliki tegangan 12,3-12,6 Volt pada kondisi mesin mati dan 13,7-14,2 jika mesin menyala. Jika tegangan tidak berada di rentang angka tersebut, lebih baik segera mengganti akinya.


aki motor matic
Aki motor matic - Doc: www.planetban.com

Ban

 

Ini nih bagian yang sering terlewatkan saat service, bahkan terkadang tidak masuk dalam paket service lengkap. Penting sekali bagi pemilik sepeda motor untuk melihat kondisi ban sebelum bepergian. Cek ulang, apakah bannya sudah tipis, bannya agak kempes, atau ada bagian ban yang menonjol. Jika dirasa ada masalah, segera pergi ke bengkel.

 

Tune up Motor Rutin

 

Tune up merupakan service motor rutin yang meliputi pemeriksaan komponen, terutama yang berkaitan dengan performa secara keseluruhan. Pemeriksaan ini biasanya meliputi tekanan ban, kondisi lampu, karburator, rem, hingga klakson.

 

Ada juga bengkel yang menambah tune up dengan layanan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau ganti sparepart. Nah, biasanya mekanik akan menginfokan terlebih dahulu kondisi motor matic kamu sebelum. Jika kamu setuju, baru dilakukan tambahan layanan ini.

 

cek ban motor
Cek kondisi ban motor - Doc: Instagram planetban

Itulah tips service motor rutin ala aku dan 8 bagian yang harus dicek saat service. Apakah kamu juga pengguna motor matic? Jangan lupa service dan ganti oli secara rutin, ya!

Latifah Kusuma
Challenger. Pribadi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7

Related Posts

7 komentar

  1. Betul sekali. Servis rutin adalah kunci. Dan pastikan servis di bengkel yang terpercaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, biar dapet layanan service lengkap dari mekanik andal. Jadi awet deh mesin motornya.

      Hapus
  2. Bikin sepeda motor selalu fit, ya harus di servis rutin. Langgananku itu planet ban
    Selain mekaniknya bagus, produk olinya mantab. Punya daya tahan dan masa pakai 2x lebih lama dari oli lain. Jadi hemat kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran hemat, apalagi buat ibu rumah tangga kayak aku. Hihihi. Pengeluaran irit, performa motor tetep oke.

      Hapus
  3. Servis rutin memang wajib dilakukan jika ingin kondisi motor tetap fit, apalagi jika motor digunakan setiap hari. Selain demi keselamatan juga kenyamanan saat menggunakannya.

    BalasHapus
  4. keren mba, motor maticnya sudah tujuh tahun tetap enak dipakai dan awet yaa...

    BalasHapus
  5. Motor matic kalau gak rajin service emang rawan ada bagian yg cepat rusak. Mesti rajin ke bengkel sih.

    BalasHapus

Posting Komentar