Pikiran Mulai Keriting? Simak Tips Mengelola Stres Berikut

16 komentar
tips mengelola stres
doc by pixabay - edit by latifahkusuma.com


Friends
, apakah kamu merasa bahagia hari ini? Atau justru pikiran kacau dipenuhi masalah bertubi-tubi? Jangan khawatir, roda kehidupan selalu berputar. Pun roda perasaan dan pikiran kita yang selalu berotasi. It’s normal. Tinggal bagaimana kita mengelola stres menjadi kebahagiaan. 


Untuk mengelola perasaan negatif, kita perlu niat yang kuat dan usaha ekstra. Kita harus bisa menuntun pikiran, perasaan, dan fisik agar mau melakukan hal-hal positif. Berikut tips mengelola stres yang mudah dilakukan kapan dan di mana saja.


1. Melakukan Olahraga Ringan


olahraga untuk meringankan stres
Olahraga untuk meringankan stres - doc by pixabay


Jogging bisa menjadi pelarian positif saat otak dan hati bersedih. Selain mendapatkan manfaat bagi kesehatan, lari-lari kecil juga dapat mengembalikan mood dan menetralisir pikiran. Buat kamu yang mempunyai jenis olahraga favorit, coba deh sensasinya saat sedang stres. Olahraga memang jadi salah satu tips mengelola stres yang efektif.


2. Menambah Waktu Bersama Hobi


bermain gitar
Hobi dapat meringankan stres - doc by pixabay


Apa hobi kamu? Seberapa sering meluangkan waktu untuk hobi? Menambah durasi kencan dengan hobi dapat meningkatkan mood. Cobalah memberi extra time untuk kamu dan hobimu. Jika kamu suka menulis, tulislah rangkaian kalimat dengan metode free writing. Buah dari perasaan dan pikiran pun tersampaikan.


Bila kamu suka menggambar, gambarlah apa saja yang ada dalam angan. Abstrak pun boleh. Bebas. Jika kamu senang bernyanyi, ekspresikanlah suara tanpa jeda. Biarlah suaramu menjadi saksi atas segala perasaan. Demikian juga dengan jenis hobi lainnya, lakukan dengan bebas. 

3. Berinteraksi dengan Orang yang Asyik


interaksi dengan orang lain
Bercanda dengan orang lain menambah kebahagiaan - doc by pixabay


Baik tipe penyimpan masalah maupun tukang curhat, berinteraksi menjadi salah satu tips mengelola stres. Kamu dapat bertemu langsung atau berbicara lewat gawai. Ajak lawan bicara untuk membahas topik ringan yang asyik, ya. 


4. Makan Menu Favorit


makanan favorit
Makanan favorit bisa meredakan stres - doc by pixabay


Cara jitu lainnya untuk meredakan pikiran keriting adalah dengan makanan. Segera kunjungi penjual makanan favoritmu atau masaklah menu makanan favorit kala hati dan pikiran sedang “ngambek”. Percaya deh, suasana hati akan membaik.


5. Mengunjungi Objek Wisata Alam


wisata alam pantai krakal
Wisata alam meredam stres - doc by latifahkusuma.com


Di mana letak ketenangan? Pada jiwa, raga, dan semesta. Tips mengelola stres terbaik berikutnya adalah dengan mengunjungi wisata alam. Hati dan pikiran akan berkelana di medan yang sesungguhnya, alam tempat berpijak. Bila perlu, jadwalkan kunjungan wisata alam secara berkala. Tak harus berkunjung ke destinasi yang jauh dari rumah, memilih lokasi terdekat pun bisa jadi solusi.


Sudah mencoba tips mengelola stres di atas tapi pikiran masih keriting? Saatnya menekan ego. Buanglah energi-energi negatif dalam diri. Berbicaralah pada diri sendiri, utarakan kebutuhan dan keinginan. Kemudian saring segala hal baik, tinggalkan hal yang kurang baik. Semoga pikiran kian membaik. 


Sekian tips singkat untuk menjauh dari stres. Jangan ragu untuk mempraktikkan, ya. Kalau tips versi kamu, apa saja? 



Latifah Kusuma
Challenger. Mahasiswi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7 . Kerjasama? Kontak latifahkusuma77@gmail.com ya 👌

Related Posts

16 komentar

  1. Nah, setuju banget, Kak!
    Yang namanya burn out tuh bisa menimpa siapa aja, dan kita kudu berusaha utk mengatasinya ya
    Semangaattt!

    BalasHapus
  2. Sejak kehamilan anak kedua tuh jujur banget mba sering stress huhu, mungkin harus melakukan beberapa tils dk atas deh terutama wisata alam biar pkiran fresh (Ainhy)

    BalasHapus
  3. Yang ke 5 Gue paling demen,
    Wkkwkw 🤗😍

    BalasHapus
  4. Milih makan nih aku, makan yg aku suka memang bikin mood jadi baik, dan tidur bisa bikin relax badan. Kadang kalau ada waktu, meluangkan untuk liburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aha! Tidur juga ampuh meredam stres ya mbak. Bahkan bikin pikiran makin tenang.

      Hapus
  5. ngelakuin hobby ini pas banget buat saya

    kalo otak mulai keriting, saya biasanya masak

    dan Alhamdulilah, fresh again deh otaknya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wiih keren mbak. Selain hobi, pasti bermanfaat juga buat keluarga. Auto dapet beragam makanan enakk

      Hapus
  6. Kalau saya, memilih berinteraksi dengan orang yang asik dan punya selera humor tinggi. Dengan begitu hati kita akan merasa terhibur

    BalasHapus
  7. Stres lalu makan, terbaik!

    Tapi jangan lupa tetap kontrol makanan. Pilih yang sehat juga, jangan instan. Yo Yo jaga pikiran kita, jangan banyak stres

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul banget mbak. Aku udah mulai mengurangi makanan instan. Pun lebih sering makan masakan rumahan. Kan terjamin dari bahan dan cara masaknya.

      Hapus
  8. Haha bener banget poin2nya mbaa. Aku jg kalo stres bawaannya pengen makan enaak. Makan suka2 hihi. Lalu balik lg moodnya

    BalasHapus
  9. kalau pikiran lagi stress itu kayaknya paling oke menepi sejenak untuk melakukan hal-hal yang disuka yaa biar pikiran fresh lagi

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email