Oleh-oleh BloggerDay 2021, Jangan Takut Bertahan di Kala Pandemi

Posting Komentar



Oleh-oleh BloggerDay 2021
Oleh-oleh BloggerDay (Ilustrasi by Pixabay)

Oleh-oleh BloggerDay 2021, Jangan Takut Bertahan di Kala Pandemi. Tak terasa sudah lebih dari satu tahun virus Covid-19 menyebar di Indonesia. Pandemi mengubah banyak hal. Salah satunya adalah tentang digitalisasi. Para pekerja kantoran bergeser ke sistem work from home (kerja remote), pelaku bisnis dituntut untuk memasarkan produk secara online, hingga sekolah dan perguruan tinggi yang menerapkan pembelajaran daring.


Serba-serbi Kuliah Online


Kuliah Online
Ilustrasi kuliah online by Pixabay

Bagiku, pergeseran pembelajaran ke daring (dalam jaringan) ini terkadang menjadi masalah. Di awal pandemi aku harus mengubah sistem bimbingan skripsi secara online. Kupikir akan lebih menyenangkan karena aku tak perlu menerjang panas dan hujan untuk pergi ke kampus. Waktu bersantai juga akan lebih banyak, so bisa digunakan untuk mengerjakan hal lain. Namun, ekspektasiku salah. 


Setelah beberapa hari mengirim email kepada ayah dosen, aku tak kunjung mendapatkan balasan. Namun aku sabar menunggu. Tiga hari. Tujuh hari. Aku pun memberanikan diri kontak beliau lewat WhatsApp. Tak dibalas. Empat belas hari kemudian belum ada hilal. Satu bulan berlalu. Akhirnya ada email masuk, Yes, email balasan yang sudah aku nantikan. Kenyataannya, sistem bimbingan online justru memperlambat perkembangan tugas akhirku.


Solusinya? Terus belajar dan bersabar. Beruntunglah pihak program studi di kampusku aktif menayangkan konten berisi materi kuliah di YouTube. Sedikit demi sedikit aku bisa menambah tingkat wawasan sembari bersabar menunggu email dari dosen.


Menjadi Guru Untuk Adik


Ilustrasi sekolah online
Ilustrasi by Pixabay

Belum berhenti sampai di situ, tugasku di rumah bertambah. Aku harus stand by setiap saat jika adikku memerlukan bantuan untuk mengerjakan tugas sekolah. Bahkan di awal pandemi aku harus duduk bersamanya setiap pagi untuk menyelesaikan tugas. Cukup repot, harus bisa manage waktu, dan menambah kesabaran.


Satu hal yang membuatku sering naik darah adalah adikku masih malas membaca. Terlebih membaca buku pelajaran. Padahal usianya sudah bisa dibilang remaja. Adikku kelas 8 Sekolah Menengah Pertama. Seharusnya di usia sekian dia sudah mau rajin membaca, minimal membaca materi yang diberikan oleh pendidik.


Adikku terkadang juga malas mengerjakan tugas berbentuk video. Dampaknya luar biasa. Di akhir semester kemarin adikku harus menyelesaikan semua tugas yang belum ia kerjakan dalam waktu singkat.


Solusinya? Aku harus selalu mendampinginya berlatih rajin membaca dengan hati gembira agar tak terkesan “terpaksa”. Aku mendampinginya secara perlahan setiap hari. Awalnya ia tetap “ngeyel”, maunya instan mencari materi yang dituju dengan mengetikkan kata kunci di Google.


Akhirnya ia mulai rajin membaca. Meski pada mata pelajaran bahasa Inggris ia masih kesulitan. Namun aku tak patah semangat mendampinginya. Aku sendiri ikut belajar pengucapan kata dalam bahasa Inggris agar bisa membantu adikku. 


BloggerDay Komunitas Bloggercrony Indonesia Menjadi Pelarian Positif


BloggerDay 2021
Mengikuti BloggerDay 2021

Di tengah lelahnya aktivitas, aku berkesempatan mengikuti BloggerDay 2021 dalam rangka Hari Ulang Tahun Bloggercrony Community (BCC) yang ke 6. BCC merupakan komunitas blogger yang anggotanya tersebar di seluruh nusantara. Nggak kebayang dong ikut jumpa virtual dengan teman-teman se-nusantara sembari menangkap ilmu baru.


Komunitas Bloggercrony Indonesia ini lahir untuk mewadahi dan memfasilitasi para blogger untuk mengembangkan kualitas dirinya (capacity building), membangun jejaring untuk membuatnya bertumbuh (networking), dan berkegiatan khusus untuk agar blogger dapat memproduksi tulisan yang informatif, bermanfaat, dan inspiratif (empowering). Siapa pun yang memiliki blog aktif, dari berbagai kalangan, berbagai usia, berbagai pekerjaan, bisa bergabung dengan BCC. Nantinya anggota akan menjadi bagian dari BCC squad (sapaan bagi anggota).


BloggerDay 2021
Keseruan acara BloggerDay 2021


Untuk merayakan peringatan terbentuknya komunitas, BCC berkolaborasi dengan Kitatama Event mengadakan event tahunan bernama “BloggerDay”. Pandemi tak menyurutkan semangat pengurus tetap mengadakan acara rutin ini. BloggerDay 2021 digelar secara virtual pada tanggal 6 Maret lalu melalui Zoom meeting. Total ada 100 peserta blogger pilihan Komunitas Bloggercrony Indonesia. Acaranya seru lantaran dipandu oleh host expert, Mbak Gita Siwi dan moderator keren, Mbak Helen Simarmata.


Virtual Family Trip ke USA Bersama Idfi Pancani

BloggerDay 2021
Peserta BloggerDay 2021 mengikuti virtual trip

Setelah acara dibuka, para peserta akan mengikuti virtual family trip bersama Kak Idfi Pancani. Para peserta BloggerDay boleh mengajak anak atau keluarganya pada sesi ini. Aku mengajak dua adikku untuk turut serta. Kami larut menatap layar laptop dan mendengarkan ulasan dari Kak Idfi dengan gembira.


USA menjadi destinasi tujuan virtual trip kali ini. Mulanya kami diajak mengelilingi White House. Tampak beberapa ruangan megah yang unik. Selanjutnya menuju ke air terjun paling keren di Amerika. Yaps, air terjun Niagara. Tak tanggung-tanggung, konsep virtual tour ini full music. So, waktu berkunjung ke air terjun kita dapat menikmati (suara) gemericik airnya. Asyik banget!


Di tengah kunjungan virtual, Kak Idfi mengadakan games seru dengan hadiah menarik. Selanjutnya peserta diajak ke Georgia Aquarium, akuarium besar yang berisi berbagai jenis ikan. Momen selanjutnya menjadi sesi paling disukai oleh anak-anak. Kami bertemu (virtual) dengan tokoh-tokoh dari Disneyland. Ada Mickey Mouse, Moana, Frozen Anna & Elsa, Pinokio, Aladin, hingga Tinker Bell. Suasana menjadi ramai dan menyenangkan bagi seluruh peserta Blogger Day.


Senjakala “Content Creator


BloggerDay 2021
Senjakala Content Creator

Siapa yang tidak kenal dengan Kang Maman? Pasti netizen Indonesia sudah tidak asing dengan beliau yaa, terlebih orang-orang yang menyukai dunia literasi, termasuk blogger. Beruntung sekali Kang Maman (Maman Suherman) dan mas Shafiq Pontoh bisa berbagi insight menarik dalam sesi Blogger Hangout. Temanya sangat diminati oleh peserta, “Senjakala Content Creator”.


“Jangan menganggap lawan sebagai kompetitor, justru ajak lawan untuk kolaborasi”---Kang Maman


BloggerDay 2021
Kang Maman dan Helen Simarmata - doc BCC squad

Kang Maman dan mas Shafiq sharing tentang dunia konten kreator masa kini. Menurut Kang Maman, kita harus menciptakan networking dengan baik agar terus eksis dan berani bersaing. Sementara mas Shafiq berpesan agar kita bisa menjadi “expert”. Jangan mengaku jago di segala bidang, tekuni hal kamu mau dan mampu pelajari, lalu jadilah expert.


Mengulik “Tantangan Pembelajaran Jarak Jauh”


BloggerDay 2021
Tantangan PJJ

Keren banget sih sesi terakhir di BloggerDay ini! Meski belum memiliki anak (menikahnya juga belum hihii), aku membutuhkan insight tentang mendampingi anak belajar online. BCC seakan mengerti bahwa sebagian besar anggotanya menyandang status orang tua. Komunitas Bloggercrony Indonesia menghadirkan mbak Ifa H. Misbach (psikolog klinis) dan mbak Kania Safitri (mom influencer) untuk berbagi pengalaman dan inspirasi.


BloggerDay 2021
Mbak Ifa H Misbach - doc BCC squad

Meski masih berkutat dengan dunia influencer, mbak Kania tetap fokus mendampingi buah hatinya belajar daring. Mbak Kania rela mengurangi aktivitas di social media demi menjadi guru di rumah bagi anak-anaknya. Nah kalau Mbak Ifa, psikolog keren ini memberikan informasi seputar cara memahami anak. 


Serunya Ikut Social Media Competition dan Game Kahoot


Keseruan BloggerDay 2021 masih berlanjut. BloggerDay juga menyediakan sesi khusus bermain game Kahoot. Pertanyaannya seputar BCC. Waah jadi kelihatan kan seberapa kenal BCC squad dengan hal-hal mengenai Bloggercrny. Selanjutnya ada kompetisi posting di social media. Menarik banget nih. Pokoknya bertebaran hadiah deh. Aku sendiri kebagian hadiah dari Best Post Facebook. Senangnyaaa....


Dengan mengusung tajuk “Keluarga Jempolan”, BloggerDay tak hanya memberi sesi family trip dan tantangan pembelajaran jarak jauh loh. BloggerDay berkolaborasi dengan BloggerPreneur menebar banyak hadiah untuk peserta. Ada apa aja tuh?


1. @duorajistore : gula batu kristal asli Jogja
2. @katalensaku.photoworks : jasa foto produk 
3. @ebigsoo_fashion_ : daster, dress, dan piyama dari Denpasar
4. @anesacooking : home made bake pasta and pudding
5. @geraiaksesoris2 : strap masker
6. @aykoprojects : new born props by Waya Komala
7. @makarame : eco friendly crafts (kaktus dan sukulen)
8. @resepdapurayah : berbagai menu kuliner
9. @dapursesukahati : cake, cookies, camilan
10. @hennahijab_collection : hijab dan busana muslim
11. @asiboostertea : teh ASI booster
12. @kitatama.id : creative agency
13. @sreehandmate : bucket snack
14. @photo_coffee_ : berbagai jenis kopi


Tak terasa sudah di akhir tulisan nih. Sukses dan bahagia selalu komunitasku, Komunitas Bloggercrony Indonesia. Usiamu selalu beranjak, semoga setiap langkahmu menjadi manfaat untuk BCC squad dan masyarakat umum. Aku bangga menjadi bagian dari Keluarga Jempolan BCC.


Komunitas Bloggercrony Indonesia juga memiliki program-program keren untuk BCC squad. Salah satunya yaitu BloggerCare, sebuah wadah saling tolong menolong antar BCC squad. Dengan adanya program yang beragam dan bermanfaat, BCC menjadi salah satu penguatku untuk terus semangat meraih segala tujuan baik.


Pandemi memang berdampak di setiap lini kehidupan. Namun dengan adanya semangat kebersamaan dengan BCC squad aku merasa lebih mampu untuk bertahan di segala keadaan.


Terima kasih atas suguhan acara BloggerDay 2021 yang keren dan tak terlupakan.

Latifah Kusuma
Challenger. Mahasiswi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7 . Kerjasama? Kontak latifahkusuma77@gmail.com ya 👌

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email