ID Photobook, Album Foto Keren yang Merangkai Kenangan Tak Terlupakan

18 komentar

 



Sejak kecil, aku adalah orang yang kurang photogenic. Tetapi orang tua selalu semangat mengajakku berfoto. Mulai dari mengikutsertakanku foto bersama di TK hingga sesi khusus foto studio. Hal ini berlangsung hinga aku duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar.

 

Meski sudah lama diberi pengarahan dalam bergaya di depan kamera, gaya fotoku belum terlihat natural. Hasil foto pun kurang maksimal. Padahal foto masa anak-anak adalah kenangan tersendiri yang menjadi ukiran sejarah di masa depan. So, ibuku tetap mengumpulkan hasil cetak foto keluarga kami di beberapa album foto.

 


Gempa bumi tahun 2006 tak hanya menyisakan luka, tetapi juga mengubur kenangan. Semua album foto keluargaku tertimbun reruntuhan. Meski rumahku tidak roboh, keluarga tak mampu menemukan keberadaan album foto tersebut. Aku sedih, lalu malas bila harus mencetak foto lagi. Semacam trauma hehe…

 

Time flies, akhirnya aku punya gadget yang bisa membidik objek plus menyimpan hasilnya. Aku bisa berfoto dengan mudah di mana dan kapan saja. Penyimpanan foto pun lebih canggih, bisa di memori internal, eksternal, atau online di Google drive. Dengan kemudahan akses penyimpanan online Google drive, aku makin tak berniat bikin album foto.

 

Berkenalan dengan ID Photobook


 


Hingga suatu hari aku menjelajah aplikasi instagram dan menemukan akun @id.photobook . Aku scroll akunnya tuh, banyak photobook yang lucu dan gemas. Tak menunggu waktu lama, aku segera download aplikasinya (yang berbentuk mirip sayap kupu-kupu warna kuning). Dalam aplikasi  ID Photobook , kita bisa melihat pilihan paket beserta harga photobook, photowall, dan kalender custom.

 

Tak hanya download, aku pun tergoda untuk order photobook. Akhirnya luluh juga buat cetak foto lagi hehe. Aku mengecek galeri foto sebelum melakukan transaksi. Fix, aku punya banyak foto yang bisa dijadikan photobook keren. Finally, aku mantap memilih Large Portrait Photobook. Nah berikut cara mudah order di aplikasi ID Photobook:

 

  1. Registrasi Akun di Aplikasi ID Photobook

 

        Aplikasi ID Photobook bisa di download dari Play Store dengan gratis. Tak perlu menunggu lama, segera buka aplikasinya kemudian registrasi akun. Kita akan diminta mengisi data diri, mulai dari nama, alamat e-mail, hingga nomor telepon. Jangan lupa cantumkan alamat rumah untuk memudahkan proses order photobook.




 

  1. Pilih Paket Foto yang Diinginkan

 

Aplikasi ID Photobook terbilang ringan dan fast response, anti lemot saat jemari kita menjelajah menu di dalamnya. Warna tampilan yang dominan putih dan kuning juga membuat suasana penggunanya lebih ceria. Desain aplikasinya pun modern dengan tulisan yang mudah dipahami. Sementara gambar penunjang visualnya juga menarik.

 

Klik menu “Promo” untuk mendapatkan infromasi seputar produk favorit, testimoni pelanggan ternama, cara pemesanan, cara mengirim foto, hingga penjelasan proses produksi. Di aplikasi ID Photobook ini terdapat testimoni dari beberapa artis loh, ada Gisella Anastasia, Shireen Sungkar, Zaskia Adya Mecca, dan yang lainnya.





Nah, sesudah cek-cek promo, aku dapet info diskon produk “Hardcover Large Portrait 48 Halaman”. Langsung cuss klik menu “Katalog” deh, pilih nama produk di atas. Klik “Pesan Sekarang”. Harga normal yang tertara Rp 399.500,- , nah diskon jadi Rp 325.000,- . Fasilitasnya apa aja? Scroll ke bawah yaaa, “ada harga ada kualitas”, friends.

 

  1. Lakukan Pembayaran

 

Sebelum melakukan pembayaran, masuk ke menu “Keranjang”. Di sana tertulis rincian pesanan kita. Produk Hardcover Large Portrait 48 Halaman ini berukuran 20 x 30 cm dan dapat memuat 100 foto. Selanjutnya ikuti langkah transaksi dalam aplikasi ID Photobook. Pilih jasa pengiriman, pilih metode pembayaran, dan cek validitas alamat penerima photobook. Bila sudah lengkap, lakukan pembayaran sesuai nominal yang tertera di aplikasi.

 

  1. Upload Foto Melalui Link yang Disediakan

 

Setelah pembayaran berhasil, kita akan menerima e-mail konfirmasi berisi kode order. Jangan khawatir, kode order juga tertera di aplikasi ID Photobook. Salin kode order tersebut kemudian buka web upload foto.





 

Sebelum unggah foto, pastikan kita sudah menyiapkan 100 foto terbaik. Aku sendiri memilih 100 foto random dari galeri smartphone, laptop, dan Google drive. Upload foto di web ID Photobook cukup mudah, bisa langsung kolektif 100 foto atau one by one. Aku sih suka yang simple, jadi langsung 100 foto setelah sebelumnya bikin folder di laptop. Nah, kalau mau upload satu per satu kita bisa memasukkan foto di hari yang berbeda, dicicil gitu. Kita bisa memilih urutan foto sesuai keinginan, tetapi cukup memakan waktu menurutku. So, aku langsung send 100 foto tersebut tanpa diurutkan.




 

Di web upload terdapat kolom judul photobook kita nanti. Aku menuliskan “a Random Pict of My Journey” sebagai judulnya. Selain judul, pilih foto yang akan dijadikan cover. Selanjutnya pilih layout cover dan halaman sesuai selera. Di web ID Photobook tersebut ada beberapa layout keren yang bikin bingung milihnya.





 

ID Photobook juga memberikan kalender 2021 secara cuma-cuma alias gratis di photobook Hardcover Large Portrait 48 Halaman ini. Nah, kita bisa menambahkan beberapa foto untuk kalender custom tersebut. Asyik banget kan, bisa punya kalender dinding dengan desain foto kita.

 

  1. Tunggu Proses Layout dan Produksi

Update pesanan di ID Photobook bisa dilihat di aplikasi. Klik menu “Profil” lalu pilih daftar transaksi, lanjut detail. Di sana Nampak status pesanan photobook kita. Pengalaman aku, dari proses order hingga photobook sampai di rumah membutuhkan waktu sekira 2 minggu.

 

Yeyy! Hasil Cetak Photobook-nya Bagus Banget


Hari yang ditunggu pun tiba. Kurir membawakan hasil photobook Hardcover Large Portrait 48 Halaman di depan rumah. Packaging-nya rapi, photobook dan kalender dibungkus box secara terpisah kemudian keduanya dilapisi plastik bening. Ekslusif. Aku segera membuka dan melihat hasilnya. Cover depan berisi foto kesukaanku, sementara cover belakang bertuliskan ID Photobook.

 

Desain cover dan halaman photobook sesuai dengan request-ku saat melakukan order. Sempurna. Jilid covernya rapi dan kuat, kertas yang digunakan juga berkualitas. Aku mengamati lembar demi lembar photobook baruku. Susunan layout-nya rapi sehingga pembaca bisa bernostalgia dengan gambar diri dan suasana dalam foto. Menurutku harga photobook sesuai dengan kualitas yang diberikan, hasil cetak fotonya bagus.



Terima kasih ID Photobook.


Friends, sila menuju ke ID Photobook buat pesan album foto kekinian seperti punyaku ya...

 

 

Latifah Kusuma
Challenger. Mahasiswi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7

Related Posts

18 komentar

  1. Keren photobook ini, hasilnya bagus. Sekarang mba Latifah udah kelihatan fotogenik lho!

    Ih kalendernya keren 🤩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe iyaa mbak. Udah lumayan pede depan kamera.

      Hapus
  2. Meski pandemi cetak foto begini saya sudah persiapkan juga. Ya meski lebaran nanti kemungkinan blm bisa saling kunjungan kaya biasanya. Soalnya biasanya seru tuh lihat foto cetak ramai ramai bareng keluarga. Biasanya kan saat lebaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahhh iyaaa mbak. Lebaran tuh selain jadi momen ibadah, justru momen indah penuh kenangan bareng keluarga yaa. Senangnya kalau bisa jepret-jepret banyak 🤭

      Hapus
  3. Jadi kepikiran juga deh mau cetak foto foto yang tersimpan di memory eksternal. Biar kalo kangen mau lihat, jadi nggak perlu nyalain gadget dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya betul kak. Kalau dalam bentuk album gini gampang diliat, gak perlu ubek-ubek file kayak di gadget atau di laptop

      Hapus
  4. walaupun sekarang semua serba digital tetap beberapa momen spesialharus dicetak di foto album dan bisa jadi kenangan yang selalu siap dilihat kapan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas. Mudah dilihat oleh orang tua juga. Kan agak ribet tuh kalau orang tua mainan hape. Wkwk

      Hapus
  5. cakep banget hasilnya, apalagi karena smartphone yang berkamera jadi rajin cekrek-cekrek bagus juga ya dicetak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya mbak. Salah satu kelebihan ID Photobook tuh hasil cetak gak pecah meski dari jepretan smartphone 👌

      Hapus
  6. Aku juga pernah pesen di ID Photobook, alhamdulillah sempet pesen di sana, semua file perjalanan aku yg ada di ID Phootbook ilang huhu...untung masih ada kenangan di ID Photobook...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Kenangan tetap tersimpan Aman ya mbak

      Hapus
  7. Wah baru denger nih mbaa. Foto2ku jg banyak tercecer, kayaknya harus nyoba Id photo book nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mbak ehehe. Checkout pas promo kayak aku 🤭

      Hapus
  8. Lagi nyari2 tempat cetak foto karena kan nggak bisa di hp terus. Ini recomended ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Recommended banget mbak. Cara ordernya gak ribet

      Hapus
  9. Wah bener nih,kita gak mungkin simpen aja fotonya di hp atau laptop bisa penuh ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mbak. Sekali-kali dicetak rapi gini lebih praktis

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email