Blue Lagoon Jogja di Era New Normal Tetap Jadi Wisata Air yang Seru

6 komentar
Blue Lagoon Jogja
Spot Foto di Blue Lagoon Jogja


Pandemi seakan memaksa kita untuk beristirahat dari kegiatan wisata. Tentu saja untuk mengurangi kerumunan yang dapat menjadi sarana penyebaran Covid-19. Segala aktivitas masyarakat fokus di rumah masing-masing. Hanya segelintir orang dengan kepentingan mendesak yang dapat berkegiatan di luar. Namun demikian, mereka harus menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran Kemenkes dan WHO.


Hingga pemerintah memulai uji coba kebiasaan normal baru (new normal). Warung makan, kantor, mall, dan destinasi wisata mulai beroperasi kembali. Memang tidak mudah, segala prosedur tambahan seperti kebersihan lingkungan, perhitungan kapasitas tempat, dan sarana cuci tangan harus diperhatikan.


Salah satu destinasi lokal yang mulai uji coba beroperasi adalah Blue Lagoon. Sebuah wisata alam yang memiliki sungai eksotis di kawasan pedesaan. Lokasinya berada di Widodomartani, Ngemplak, Sleman, sekira 40 menit dari pusat kota Jogja. Untuk menjangkau lokasi, kita akan melewati jalan desa yang sempit. So, pilih pengemudi yang mahir bila mengendarai mobil.


Sebelum masuk ke area wisata Blue Lagoon, kita dapat memarkir kendaraan di tempat yang disediakan. Untuk kendaraan roda dua sudah disediakan ruang dengan atap. Nyaman. Untuk ruang parkir kendaraan roda empat cukup luas sehingga bisa menampung banyak kendaraan. Semua tempat parkir dijaga dengan ketat oleh petugas, jadi jangan khawatir soal keamanan.


Menerapkan Protokol Kesehatan


Blue Lagoon Jogja
Tempat Cuci Tangan Blue Lagoon Jogja


Sebelum membeli tiket masuk, para pengunjung wajib mencuci tangan dan diukur suhu badannya. Tenang, ada petugas yang mengarahkan. Tempat cuci tangan di sekitar ticket box cukup banyak dan berjarak. Jadi nggak antre atau bikin kerumunan. Wisata Blue Lagoon juga sudah memetakan jumlah pengunjung dengan luas lahan. Jangan sampai pengunjung terlalu ramai atau tidak ada ruang antar pengunjung. Pedagang yang biasanya berjualan di dalam area pun pun kini direlokasi sementara. Mereka diberi tempat khusus di sisi parkiran.


Sungai Cantik dengan Air Hijau Tosca


Blue Lagoon Jogja
Blue Lagoon Jogja


Awalnya Blue Lagoon ini diinisiasi oleh beberapa mahasiswa yang tengah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di dusun setempat. Para mahasiswa gemar bermain di sungai untuk me-refresh pikiran. Mereka senang karena airnya bersih dan suasananya alami. Selanjutnya tokoh desa setempat membangun kawasan sungai tersebut menjadi wisata alam. 


Keunggulan yang ditawarkan oleh Blue Lagoon yaitu sungai lebar dengan arus air yang tak terlalu kuat. Jadi cocok buat berenang, bermain air, atau sekadar berendam. Di salah satu sisi ada spot untuk loncat bagi yang suka menyeburkan diri ke dalam air dengan tantangan. Pepohonan di sekitarnya membuat suasana sejuk menenangkan hati para pengunjung.


Blue Lagoon Jogja
Selfie di Kawasan Air Blue Lagoon Jogja


Saat aku berkeliling, banyak wisatawan lokal yang memanfaatkan sungai pemandian Blue Lagoon. Nampak wajah-wajah ceria sedang bermain air, berfoto, atau sekadar menikmati kesejukan alam. Di satu sisi ada tempat penitipan barang sehingga pengunjung merasa aman saat beraktivitas.


Ada Gazebo dan Panggung di Tanah Lapang


Blue Lagoon Jogja
Seni Tari di Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja
Jathilan di Blue Lagoon Jogja


Blue Lagoon sering menggelar pentas budaya di sebuah panggung permanen yang menghadap sungai. Mulai dari tarian tradisional, karawitan, hingga reog. Tak jarang kawasan wisata ini menjadi venue kegiatan outdoor


Di depan panggung hiburan Blue Lagoon terdapat tanah lapang yang bisa menampung banyak pengunjung. Di pinggir lapangan ada gazebo-gazebo teduh yang bisa digunakan untuk melepas lelah.


Ada Miniatur Pura di Taman Kuliner


Blue Lagoon Jogja
Blue Lagoon Jogja

Blue Lagoon Jogja
Blue Lagoon Jogja


Tak jauh dari lapangan, ada taman kuliner. Pengunjung Blue Lagoon bisa mengisi perut sembari melihat pemandangan alam. Area kuliner di sini cukup luas dilengkapi toilet dan mushala.


Ada yang menarik dari area ini, di sisi ujungnya ada bangunan semacam pura. Puranya terbuat dari susunan batu bercat hitam, mirip dengan aslinya. Area ini photogenic loh, bisa buat berfoto ria. Jadi jangan salah, Blue Lagoon tak sekadar wisata air, tetapi juga punya spot foto keren.


Harga Tiketnya Murah Meriah


Blue Lagoon Jogja
Wisata Mandi di Blue Lagoon Jogja



Untuk bisa menikmati segala fasilitas di Blue Lagoon, pengunjung dikenakan tiket Rp 10.000 rupiah. Sementara parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 dan kendaraan roda empat Rp 5.000,- Namun ada biaya tambahan untuk sewa ban dan pelampung yaaa. Jam buka mulai dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Tentu paling seru berkunjung saat pagi atau sore hari.


Latifah Kusuma
Challenger. Mahasiswi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7 . Kerjasama? Kontak latifahkusuma77@gmail.com ya 👌

Related Posts

6 komentar

  1. Waah seger bgt tuh sungainya, tiketnya juga murmer. Ngajak adik pasti seneng banget nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeyyy ayok kakk. Biar makin happy wisata di sini

      Hapus
  2. Wsh, ada manfaatnya juga tuh si anak KKN, ninggalin jejak yang berfaedah.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email