TBI Kelapa Gading Tempat Kursus Bahasa Inggris Berkualitas

Posting Komentar

 

The British Institute


Alhamdulillah, aku bisa kembali merasakan kursus bahasa Inggris setelah sekian lama vakum. Jujur aku belum bisa cas cis cus kalau disuruh ngomong pakai bahasa Inggris, tapi kalau dengerin orang ngomong bahasa Inggris 90% paham. Terakhir kali ikut kursus tuh tahun lalu, itu pun kurang fokus karena punya new born baby.

It’s OK, nggak masalah yang penting aku selalu berusaha upgrade ilmu biar skill-nya juga nambah. Anyway, aku mau cerita pengalaman kursus bahasa Inggris di TBI Kelapa Gading. TBI tuh The British Institute, guys. Mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa ikut kursus di sini.

Oh iya, aku ikut short course TBI dan komunitas bloger ISB (Indonesian Social Blogpreneur). Buat yang belum tau, ISB ini komunitas bloger non profit yang anggotanya tersebar di seluruh Indonesia. Jadi selama kursus ini aku bareng sama 9 orang bloger seluruh Indonesia. So pasti sistemnya online lewat zoom meeting.

Pengalaman Kursus di TBI Kelapa Gading


Aku ikut short course selama 3 hari berturut-turut bersama dengan Sir Jamie Silaban. Hari pertama masih malu-malu ikut nimbrung, maklum nggak pede, eh 2 hari selanjutnya udah aman ikut ngobrol dengan bahasa campuran Indonesia dan Inggris.

Short Course

Selama kursus, Sir Jamie emang gayanya santai jadi kami seperti belajar bareng gitu. Dia juga selalu menyapa bloger agar kami aktif menjawab pertanyaan, memberikan pendapat, atau aktif bertanya. That’s the point! Ini lho yang kadang nggak didapat di tempat kursus lainnya. Kebanyakan pengajar cuma menyampaikan materi, kurang santai, dan kurang komunikatif. Kesannya cuma ngejar waktu doang.

Kalau short course sama TBI ini fix materinya dapet, speaking-nya dapet, ilmu writing untuk bloger juga dapet. Terlebih Sir Jamie dulunya bekerja sebagai jurnalis jadi nyambung banget ngobrolin tulisan, artikel, hingga alur dan gaya penulisan.


Hari pertama, kami diajak diskusi tentang review film. Kan satu kali pertemuan waktunya 2 jam. Nah, 1 jam pertama diisi dengan materi singkat. Selanjutnya ada break out room yang isinya cuma 3 orang. Dalam room ini kami diskusi tentang review salah satu film.

Di sinilah keunikan kursus bahasa Inggris bersama TBI Kelapa Gading. Kami nggak cuma dikasih materi, tapi langsung diajak praktik. Di break out room ini kami dituntut bisa ngobrol dengan partner meski kemampuan bahasa Inggris masih minim. Menurutku ini adalah part paling menantang tapi bermanfaat. Kami bakal dapet banyak kosakata baru, lebih pede buat ngomong bahasa Inggris, dan otak makin terasah lewat diskusi.

Setelah break out room ini kami dikasih tugas individu untuk menulis review film secara singkat. Alhamdulillah dengan waktu sekitar 15 menit aku bisa menyelesaikan tugasnya.

Tugas Review 15 menit

Hari kedua formatnya masih sama, materi, break out room, dan tugas individu. Untuk speaking-nya aku belum terlalu pede, tapi untuk tugas individu menulis review restoran, aku juga bisa menyelesaikan dalam waktu singkat. Pun langsung di-review oleh SIr Jamie. Alhamdulillah tulisanku tak banyak revisi. Senang sekali rasanya.

Hari ketiga makin panas. Alhamdulillah makin pede untuk speaking meski banyak kosakata yang belum aku tau. Untuk tugas juga makin lancar jaya, padahal materinya cukup menguras ide. Hari terakhir ini kami diberi tugas membuat news report atau tulisan berita.

Suasana Belajar

Overall, semua aktivitas selama short course benar-benar menambah skill untuk blogger. Aku jadi lebih mudah merangkai kalimat berbahasa Inggris. Aku juga lebih paham alur menulis artikel dan berita. Insya Allah bakal bermanfaat untuk menambah kualitas tulisan di blogku.

Sekilas Tentang The British Institute


TBI merupakan salah satu institusi pendidikan yang berfokus pada pelatihan bahasa Inggris. Sejak berdiri tahun 1984 TBI didukung oleh UTC (UniSadhaGuna Testing Centre). TBI juga menjadi satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificate in Teaching English to Speaker of Other Languages).

TBI menerapkan metode pembelajaran eklektik (eclectic approach) yang menitikberatkan pada kebutuhan siswa yang relevan dan praktikal. Untuk tenaga pengajarnya juga berasal dari WNA (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman serta berstandar kualifikasi internasional.

Mengapa Pilih TBI Kelapa Gading?


Ada 6 alasan yang bisa menjadi pertimbangan bagiku untuk bergabung dengan TBI Kelapa Gading. Simak alasanku berikut ini, ya…

TBI Berkualitas


Kualitas yang aku maksud ini lengkap ya, mulai dari metode pengajaran, atmosfer kelas, tenaga pendidik, kurikulum, serta modul yang digunakan. Gimana nggak takjub, ikut short course aja materinya benar-benar disusun agar bisa meningkatkan skill seorang bloger.

Sistem Pembelajaran Beragam


Aku paling suka sama bagian ini. Siapapun bisa belajar di TBI Kelapa Gading soalnya ada offline learning dan online learning. Tenang aja, meski online materinya tetap berkualitas, pengajar tetap fokus, dan pastinya bisa tanya jawab setiap sesi pembelajaran. Menurutku justru lebih praktis karena bisa belajar kapan dan dimana saja.

TBI Kelapa Gading Lokasi Strategis


Buat kamu yang pengen belajar secara tatap muka, TBI Kelapa Gading lokasinya dekat dengan Lintas Raya Terpadu (LRT), pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah, dan fasilitas umum lainnya. Jadi mudah diakses.

Jadwal Kelas Variatif


Peserta kursus bahasa Inggris bisa memilih jadwal sesuai kebutuhan dan waktu luangnya. Mulai dari Senin hingga Sabtu pukul 09.00-20.00 WIB.

Biaya Kursus Bahasa Inggris Terjangkau


Selain biaya yang terjangkau untuk semua kalangan, tiap bulan ada promo menarik yang bisa kamu ambil. Tak terkecuali di bulan Ramadan ini, ada diskon 20% untuk seluruh program bahasa Inggris.

Program Kursus Sesuai Tingkat Kemampuan


TBI punya program untuk anak-anak, remaja, dan perusahaan atau institusi yang ingin memfasilitasi karyawan dengan skill tambahan. Harapannya karyawan berpeluang lebih besar untuk naik jabatan atau menjangkau karir ke arah internasional.

Program-program TBI


Core Programmes


  • Young Learner English
  • Pre-Teenager English
  • Teenager English
  • Global English
  • Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
  • Professional English
  • Corporate Training

Customised Programmes


  • Workshop for Professionals
  • Private Classes
  • International Exam Preditiction Test
  • Short Course

Powered by UTC


  • ICAS
  • Teacher Training
  • CELTA
  • Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualification, TOEFL ITP, IELTS at schools)
  • Digital Learning

“Biasakan diri dengan konten berbahasa Inggris untuk mengasah keterampilan pasif dan aktif baik berupa opini, ekspresi, maupun artikel deskripsi. Lakukan dengan seru dan tidak membosankan karena segala proses itu berperan penting untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.” –Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI

Setuju banget dengan kak Diah! Kalau nggak mulai belajar, kalau nggak mulai praktik, kapan bisanya? Meski terkadang dibilang “sok inggris”, “sok inggris jaksel”, atau apapun, pede aja belajar dan praktik dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, kapan kamu mau mulai belajar bahasa Inggris?

Informasi lebih lanjut:
TBI Kelapa Gading
P: 0858 8242 5835
Website: www.tbi.co.id
YouTube: The British Institute
Instagram: @tbikelapagading
Facebook: TBI Kelapa Gading
Latifah Kusuma
Challenger. Pribadi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7

Related Posts

Posting Komentar