3 Fitur Unggulan Menyongsong 128 Tahun Bank Rakyat Indonesia

Posting Komentar

Bank BRI
Gambar: Instagram @bankbri_id


"Selalu ada kenangan bersama BRI."

Setuju nggak dengan kalimat di atas? Faktanya Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah menjadi sahabat masyarakat sejak tahun 1895. Tak heran jika mayoritas masyarakat Indonesia memiliki rekening di bank ini. Hal ini dibuktikan dengan antrean teller, Customer Service (CS), dan ATM BRI yang selalu mengular. Lihat saja, seluruh cabang BRI tak pernah sepi kunjungan nasabah.

Aku sendiri kenal bank BRI sejak masa kanak-kanak. Dulu aku sering ikut bapak menabung di cabang dekat rumah. Sekira tahun 2000, buku rekeningnya masih jadul seperti kertas tebal dilipat 3 bagian. Saat aku berpikiran bahwa BRI merupakan bank terpercaya. Nasabahnya banyak, bahkan rela antre di ruang tunggu sempit demi melakukan transaksi.

Lanjut saat aku mulai masuk TK, bapak merintis usaha peternakan bebek. Alhamdulillah meski belum besar, tapi selalu berkembang. Ada beberapa pengusaha telur asin yang rutin mengambil telur dari usaha bapak. Waktu berlalu hingga aku tau bahwa bapak mengajukan pinjaman usaha ke BRI.

Beruntung pengajuan itu disetujui. Bapak bisa menambah modal usaha dan mengembangkan bisnisnya. Dulu aku belum paham bagaimana sistem pinjaman di BRI. Namun belakangan aku tahu, pinjaman untuk UMKM di BRI dikenakan bunga yang sangat terjangkau. Pantas saja sekarang Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI juga masih eksis membantu UMKM seluruh Indonesia.

Jejak 128 Tahun BRI


Tak terasa BRI sudah berusia 128 tahun. Artinya BRI sudah layak disebut sebagai senior dari macam-macam bank. Mulanya BRI lahir dari tanah Purworejo, Jawa Tengah. Bank milik pemerintah ini didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada 16 Desember 1895. Saat itu namanya masih "De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden."

Kemudian tahun 1946 BRI menjadi bank pemerintah pertama di Indonesia. Namun di tahun 1949 BRI berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat sesuai perjanjian Renville. Lanjut tahun 1992 BRI berubah menjadi perseroan terbatas. Hingga kini namanya resmi menjadi PT Bank Rakyat Indonesia (Persero).

BRI memiliki visi "The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion." Lalu misinya ada 3, yaitu:

Memberikan yang Terbaik


BRI ingin mengutamakan layanan kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat. Maka tak bisa dipungkiri jika cabang BRI jumlahnya banyak dan mencakup hingga ke pelosok negeri.

Menyediakan Pelayanan yang Prima


BRI memberikan pelayanan terbaik melalui sumber daya manusia yang profesional dan memiliki budaya berbasis kinerja, teknologi informasi yang handal dan future ready, dan jaringan kerja yang konvensional serta digital yang produktif dengan menerapkan prinsip operational and risk management excellence. Maka BRI selalu mengikuti perkembangan zaman, termasuk dalam layanan digital banking.

Bekerja dengan Optimal dan Baik


BRI ingin memberikan keuntungan dan manfaat semaksimal mungkin kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan memperhatikan prinsip keuangan berkelanjutan dan praktik Good Corporate Governance yang sangat baik.

BRIMO
Gambar: Instagram @bankbri_id

Nah, sebagai nasabah aku suka dengan 3 fitur andalan BRI yang sangat memudahkan kehidupanku. Ada program KUR, aplikasi BRImo, dan debit BRI.

BRI Pahlawan UMKM


Salah satu hal yang membuatku terus bangga dengan BRI yaitu program KUR. Ada 3 macam pilihan di dalamnya, yaitu KUR Mikro, Retail KUR, dan KUR TKI. Batas pinjaman yang diberikan terbilang besar, maksimal 500 juta rupiah. Seluruh pengusaha mikro, kecil, atau koperasi dengan bisnis produktif bisa mengajukan pinjaman KUR ini. Syarat pengajuan juga mudah. Setauku mayoritas pengusaha berkembang di daerahku pernah mengajukan pinjaman KUR. Bunganya rendah dan bisa memilih jangka waktu yang lama, jadi angsurannya ringan.

Digitalisasi BRI Dengan BRImo


BRI memiliki aplikasi yang sukses memudahkan kehidupan nasabah. BRI mobile atau BRImo sudah terafiliasi dengan layanan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Dengan QRIS ini nasabah BRI bisa melakukan segala transaksi keuangan di berbagai merchant. Bisa belanja ke supermarket hanya lewat scan barcode, bisa bayar tiket transportasi umum, bisa bayar layanan hiburan, dan lain sebagainya.

Menariknya, QRIS BRImo juga bisa digunakan di luar negeri. Saat ini QRIS BRI Untuk Indonesia sudah aktif di Singapura. Lumayan dong kalau liburan ke sana bisa transaksi tanpa ribet lewat satu aplikasi. Bahkan tukar mata uang juga bisa lewat scan saja. Pun kita nggak perlu bawa banyak uang cash, cukup siapkan smartphone kesayangan.

Debit BRI Sahabat Transaksi


Aku juga suka dengan kartu debit BRI yang bisa digunakan untuk segala transaksi. Aku yang cashless ini suka berbelanja bulanan di supermarket dan bayar menggunakan debit BRI. Menurutku lebih simpel, nggak perlu mikirin uang kembalian atau ribet utak-atik uang di dompet. Beruntung sekarang jangkauannya lebih luas, debit BRI juga bisa digunakan untuk transaksi di restoran, wahana rekreasi, hingga SPBU.

Kartu Debit BRI
Gambar: Instagram @bankbri_id

Itulah 3 fitur unggulan BRI yang bikin aku selalu bangga jadi nasabah. Kalau kamu, fitur apa yang paling berkesan dari BRI?
Latifah Kusuma
Challenger. Pribadi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7

Related Posts

Posting Komentar