Ugul-ugul Kepurun: Wisata Mancing, Rebahan dan Belajar

7 komentar

Tanaman Bunga (Doc: ikatcn)


Aku suka melakukan perjalanan wisata ke suasana alam. Nah, beberapa waktu lalu menepi ke Ugul Ugul Kepurun, agroedutorism pertama di Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari lereng Gunung Merapi. Tepatnya berada di dusun Kepitu, desa Kepurun, Manisrenggo.

Konsep agroedutourism dipilih guna menyambut pengunjung dengan tujuan "satu tempat banyak manfaat". Di sini ada beberapa sarana penunjang edukasi, pertanian, dan wisata. Dikemas dalam suasana alami, Ugul Ugul dapat dinikmati oleh pengunjung dari berbagai kalangan.

Aku dan Mbak Ika

Usai melewati tulisan Ugul Ugul PT.KPI dan memarkirkan kendaraan, aku dan Mbak Ika menjelajah kolam pemancingan. Yes, masyarakat sekitar umumnya melabeli Ugulugul sebagai sarana memancing ikan. But the fact, tidak hanya kolam, Ugul Ugul memiliki beberapa layanan andalan lainnya.

Menu Resto yang Special


Restoran Ala Pesta Kebun

Awalnya Ugul Ugul Kepurun merupakan resto dengan nuansa pedesaan. Dibangun di lahan yang sebelumnya rimbun oleh pepohonan. Bahkan sekarang masih nampak pohon dan tanaman yang sengaja dibiarkan hidup.

Setelah menambah fasilitas lain, resto ini tetap eksis lho. Ada ruang dengan desain cultural, hiasan patung batu, kursi kayu, hingga dekorasi menarik. Di area outdoor ada gazebo yang menghadap langsung ke tempat outbond. Sementara di sisi lain ada kursi-kursi berserakan mengikuti lajur ruang terbuka.

Menu yang ditawarkan beragam, bahkan beberapa di antaranya berasal dari hasil peternakan dan pertanian sendiri. Ada olahan daging kambing, ikan nila & gurame, ayam, udang, cumi, juice, kelapa muda, dan lain sebagainya.

Aku dan mbak Ika pun mencicipi menu spesial, nila bakar dan nila asam pedas. Ditambah es kelapa muda utuh dan lemon squash nikmat. Tak lupa tambahan sambal dan gorengan. Rasanya pas di lidah. Sementara harga terbilang ramah kantong.



Pemancingan Luas dan Nyaman

Kolam-kolam besar nampak segar dipandang mata. Pemancing biasanya berdatangan mulai siang hari sehingga best time to fishing adalah kala sore. Mereka membawa seperangkat alat pancing sendiri.

Makan sambil mancing? Ini yang unik. Untuk bisa memancing ikan di Ugul Ugul, pengunjung harus membayar voucher resto. Nah sekalian aja klaim voucher-nya ditukar dengan menu makanan. So, mancing asyik perut kenyang. Tenang, ikan hasil pancing bisa dibawa pulang, double hemat dong.

Bebek Kayuh (Doc: ikatcn)

Kolam sisi selatan menyajikan jembatan bambu yang terhubung dengan miniatur pulau di tengahnya. Asli keren bisa buat foto ala-ala di tengah danau. Jembatan bambunya juga photogenic banget warna putih.

Nahh ini yang paling ditunggu buat anak-anak, remaja, atau siapa saja penikmat bebek kayuh. Hanya dengan Rp 20.000,-/1 jam untuk dua orang dewasa (plus satu anak) sudah bisa menikmatinya. Aku udah coba dan asli asyik.



Kok Banyak Binatang?

Ugul Ugul Kepurun memiliki beberapa koleksi binatang. Konsep peternakan dan budidaya tanaman juga menjadi andalan. Kami melihat gerombolan rusa, kambing, dan sapi. Sementara ada binatang lain yang dipelihara, seperti kerbau bule, ayam, kenari, dan lain sebagainya.



Wisata Outbond dan Edukasi

Ugul Ugul Kepurun memiliki area outbond yang luas. Sebagian besar medan outbound memang ditujukan untuk anak-anak. Ada jembatan tali, jaring, zona lumpur, ban dan lain-lain.

Tidak hanya wisata bermain, ada berbagai macam edukasi bisnis maupun pertanian. Rombongan bisa melakukan field trip. Tentu cocok sebagai pengusir penat bagi karyawan atau pelajar.

Nah, banyak workshop yang seru juga. Ada menanam dalam polybag, membuat bakso, membuat nugget, dan mengolah susu. Untuk workshop yang berhubungan dengan tanaman bisa booking jadwal setiap hari. Nah, khusus bakso dan nugget hanya bisa weekdays yaa.

Penginapan (Doc: ikatcn)


Penginapan di Lereng Merapi

Ada deretan kamar dengan desain interior yang photogenic. Seperangkat meja kursi nampak serasi di depannya. Warna yang dipilih sesuai dengan nuansa alam.

Ugul Ugul Kepurun memang mempunyai penginapan sendiri. Cocok banget nih buat Traveler yang ingin staycation di alam pedesaan. Bisa juga sebagai sarana piknik rebahan sebelum mancing.

Oh iya, penginapan ini dikelola oleh aplikasi room order warna merah. Jadi pengunjung bisa langsung pesan lewat klik aplikasi tersebut. Simpel dan mudah bukan?

Dokpri


Ada Camping Ground

Aku termasuk orang yang bisa tidur di tempat baru, termasuk alam terbuka. Aku dan temanku selalu mengagendakan camping. Tetapi team camping-ku selalu ribet menentukan lokasi.

Nah, pas banget kenal sama Ugul Ugul Kepurun. Di sini ada camping ground yang aman. Pun ada di perbatasan Yogyakarta dan Kabupaten Klaten. Kebanggaan tersendiri menikmati sajian geografis seperti ini.

Tulisan di pintu masuk (Dokpri)


Tentang Ugul Ugul

Ugul sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti unggul. Sementara Kepurun adalah nama daerahnya. So, diharapkan Ugul Ugul Kepurun menjadi sektor wisata andalan di daerah tersebut.

PT KPI sendiri merupakan kependekan dari Kepurun Pawana Indonesia. Pengelolaan dilakukan oleh tokoh dan warga sekitar bekerja sama dengan pihak swasta.

Doc: ikatcn

Untuk bisa masuk ke area Ugul Ugul, sila menyiapkan biaya parkir motor Rp 2.000,- atau mobil Rp 5.000,- ya. Jam buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Sekian cerita jalan-jalan aku di destinasi asyik Klaten. 

PT. KPI (Kepurun Pawana Indonesia)
0821 3629 2100
ppa_kpi@yahoo.co.id
www.ugulugul.com
Latifah Kusuma
Challenger. Mahasiswi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7 . Kerjasama? Kontak latifahkusuma77@gmail.com ya 👌

Related Posts

7 komentar

  1. Balasan
    1. Cocok buat menepi dari aktivitas harian Kak

      Hapus
    2. Klaten semakin mantap. Saya wong Klaten belum pernah ke sana. Dulu sewaktu sekolah hanya sekedar perkemahan.

      Hapus
  2. Wah ini wisata barukah? karena aku baru denger nih. Mudah-mudahan bisa ke sana juga pas mudik besok, amin. Aku suka banget sama penginapannya. beneran fotogenic deh buat foto2 wkwkkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lama Mbak. Aku juga belum lama tau hehe. Kuyyy gass ke sini bisa ajak teman atau keluarga

      Hapus
  3. Saya penasaran dengan kuliner nya. Olahan daging kambing

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email