Sambal Ny Rara Si Paling Pedas dan Praktis Untuk Semua

1 komentar

 "Apapun makanannya, harus ada sambal di piring."

Siapa setuju?

Sambal Ny Rara
Sambal Ny. Rara 

Yes, sambal bisa bikin makanan jadi nikmat luar biasa. Rugi besar kalau kamu nggak suka sambal. Hihi. Eh tapi ada juga orang-orang yang nggak boleh makan sambal terlalu banyak. Biasanya sih alasan pencernaan. It's OK.

Namun buat kamu yang bisa makan, aku kenalin sama sambal praktis yang pedasnya nampol. Namanya Sambal Ny. Rara.

Bentar, sebelum kenalan aku mau cerita dulu. Kenapa sih aku suka sambal Ny. Rara?

Jadi awalnya gini. Aku kan pecinta sambal. Kalau makan tanpa sambal tuh rasanya ada yang kurang. Makan ayam, ikan, sayur sop, semua ditambah sambal baru nikmat. Tapi...

Bikin Sambal Itu Berat

Serius. Aku nggak lagi drama atau ngadi-ngadi nih. Aku memang suka makan sambal, tapi aku jarang bikin sendiri. Biasanya dibikinin ibu atau beli. Ya gimana ya, nguleg cabe itu berat. Kalau kurang halus, tekstur sambalnya aneh. Kalau terlalu halus nguleg-nya, pedasnya kadang kurang nampol. Serba salah deh. 

Udah gitu proses bikin sambal yang enak itu agak rumit. Goreng bahan, uleg. Tambah ini tambah itu. Dan lain-lain. Ngeliat ibu bikin sambal yang enak butuh waktu lebih dari 15 menit. Huh.

Ada juga cerita lucu soal sambal. Waktu itu aku lagi KKN di suatu desa di Kulon Progo, Yogyakarta. Aku diminta bikin sambal oleh salah seorang warga. Posisinya aku belum bisa bikin sambal, tapi nggak bisa nolak. Yakali diminta tolong hal kecil aja nolak. Yaudah deh aku nguleg cabe. Eh ada temen lewat, kata dia ngulegnya kurang energi. Akhirnya dia yang bikin sambalnya sampai matang.

Sejak saat itu aku bertekad belajar bikin sambal sendiri. Eh adaaa aja masalah. Sambal buatanku kurang pedas lah, terlalu manis lah, dll. Jadi kurang semangat makannya, padahal bikinan sendiri.

Sambal Kemasan Praktis 

Sambal praktis
Packaging Sambal Ny. Rara 

Di tengah bimbangnya soal persambalan duniawi, aku nemu instagram @ny.rara.co.id Ini tuh official account-nya sambal kemasan paling hits favorite netizen. Fix, aku beli 3 varian sambal marketplace. 

Aku excited banget pas paketnya dateng. Jujur agak was-was kemasan bocor atau sambalnya tumpah. Eh ternyata semuanya aman. Packing juga pakai bubble wrap dobel. Dari luar paket nggak ada bau menyengat. Alhamdulillah. Selesai unboxing aku masukin sambalnya ke kulkas. Biar aman.

Aku beli yang kemasan 200gr pakai kemasan botol plastik. Bentuk botolnya tuh unik, mungil. Tutupnya mudah dibuka tapi rapat. Dengan kemasan kayak gini, sambalnya praktis dibawa kemana-mana. Cocok nih buat bekal traveling. 

Review Sambal Ny Rara 

Sambal bawang
Botol Sambal Ny. Rara 

Aku beli sambal bawang, sambal cumi, dan sambal petai. Pertama kali aku coba si cumi. Keluar dari kulkas aku panasin dulu sambalnya. Aku icip sambal cumi ini dengan nasi hangat dan lauk. OMG! Pertama kali coba langsung bilang "Pedes banget!"

Satu sendok sambal cumi untuk nasi setengah poring udah bikin aku megap-megap. Mau nggak mau harus sedia air putih. Menurutku sambalnya fresh meski udah lewat proses pengiriman. Apalagi kalau dihangatkan gini, bener-bener kayak sambal buatan rumah.

Cabe yang digunakan juga terlihat segar. Buktinya kulit cabe yang masih kelihatan tuh rasanya kres. Terus biji cabenya juga segar, bukan yang tipe biji cabe terlalu tua. Satu lagi, topping-nya nggak pelit. Jadi pas aku makan nasi pakai sambal cumi ini cuminya kerasa. Ada potongan cuminya. Rasanya perpaduan pedas, gurih, dan ada sedikit manis. Mantap! Sesuai seleraku. 

Sambal Jadi Tapi Bisa Diolah

Pindang Sambal
Pindang Sambal Ny. Rara 

Ibuku ngide nyampur Sambal Ny Rara dengan pindang goreng, lalu dimasak ulang. Tanpa tambahan apapun, rasanya maknyuss. Beneran kayak sambal pindang buatan rumahan. Malah pedesnya lebih nampol pakai sambal ini. 

Praktis banget dong, mau bikin makanan olahan yang pedas juga bisa pakai sambal ini. Tinggal masukin sambal, masukin bahan lain, masak deh. Bisa dibilang sambal instan, tapi nggak instan juga sih. Soalnya ini sambal asli pakai bahan segar semuanya. Hehe.

Harga dan Cara Pesan

Buat kamu yang pengen order Sambal Ny. Rara, silakan ke Instagram, WhatsApp, Shopee, dan Tokopedia. Di sana ada akun-akun official-nya. Untuk harga, kemasan 200gr mulai dari Rp 41.000 - Rp 48.500. Sementara kemasan 120gr Rp 25.000 - Rp 29.500 dan kemasan 35gr Rp 9.900 - Rp 10.900

Varian sambal
Varian Sambal Ny. Rara 

Nggak usah ragu untuk beli soalnya:

  • Pedasnya Nampol
  • Pedasnya Nagih
  • Praktis Siap Makan
  • Garansi 100% Kalau Rusak

Yuk icip-icip yuk!

Latifah Kusuma
Challenger. Pribadi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7

Related Posts

1 komentar

  1. Aku juga kalo bikin sambal nggak pernah genah, Mbak, wkwk.. Untung ada Sambal Ny. Rara yah sekarang. Jadi nggak perlu capek ngulek² lagi.

    Aku udah cobain Varian Sambal Ny. Rara yang Gami, Rebon sama Terasi. Pedesnya beneran nampol plus bikin nagih sih.

    BalasHapus

Posting Komentar