Mengintip Keseruan Yogyakarta Independent School Talent Show

Posting Komentar

 

YIS Talent Show
Kemeriahan YIS Talent Show- doc.YIS


Pendidikan anak menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang tua. Mereka pasti menginginkan kualitas pendidikan yang terbaik untuk buah hatinya. Terkadang orang tua harus riset dan mencari informasi lengkap untuk calon sekolah anaknya.

 

Pada akhir Mei lalu, aku berkunjung ke YIS yang berlokasi di Jalan Tegal Melati No.1 Jombor Lor, Sinduadi, Mlati, Sleman. Nampak halaman sekolah yang luas dengan berbagai fasilitas unggulan. Kalau kata orang nih ya, YIS ini gedung sekolahnya tidak terlalu luas, tetapi area fasilitasnya luas banget. Bagaimana tidak, lapangan sepak bola saja dibuat mirip seperti aslinya. Lapangan basket juga memadai dengan lokasi di lantai 2 berhadapan dengan lapangan sepak bola.

 

Tentang Yogyakarta Independent School

 

Yogyakarta Independent School
Potret Aktivitas di YIS - doc.Latifah


Yogyakarta Independent School (YIS) yang dahulu bernama Yogyakarta International School menawarkan solusi atas keresahan orang tua. YIS memiliki kurikulum International Baccalaurate (IB). Sistem yang lebih berfokus pada minat dan bakat anak ini menjadi unggulan sekolah-sekolah di luar negeri.

 

YIS sebagai sekolah IB diYogyakarta memiliki tujuan untuk mendorong siswa agar dapat berwawasan global, kreatif, berbudaya, dan dapat berkontribusi kepada lingkungan sekitar. Kurikulum IB sendiri lahir dari International School of Geneva. Para guru di sana menciptakan program pendidikan untuk siswa yang pindah di ranah internasional tetapi memiliki tujuan kuliah di universitas.

 

Sebagaian besar siswa YIS adalah anak-anak dari warga negara asing yang tinggal di Indonesia. Namun demikian banyak siswa yang menyandang status warga negara Indonesia. Tak heran jika kegiatan belajar mengajar di sekolah ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama.

 

Ruang kelasnya juga nyaman menyesuaikan kurikulum yang berlaku. Sempat mengintip beberapa ruang kelas di YIS, menurutku ruangannya berbeda dari sekolah umum di Indonesia. Di dalam ruang kelas terdapat segala peralatan yang mendukung kegiatan belajar anak. Tak hanya meja dan kursi, ruang kelas untuk anak TK di YIS dilengkapi dengan mainan yang dapat menunjang kecerdasan otak.

 

YIS Talent Show, Maksimalkan Bakat Anak

 

Talent Show
Penampilan peserta  YIS Talent Show - doc.YIS


Acara YIS Talent Show diawali dengan tepuk tangan dan wajah-wajah ceria dari siswa dan orang tua. Seorang siswa sekolah menengah yang bertugas sebagai MC memanggil satu per satu peserta unjuk bakat. Ada siswa yang menyanyi, menari, bermain sulap, bermain basket, hingga menampilkan eksperimen sains.

 

Dari hasil pengamatan aku, acara YIS Talent Show ini efektif untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak terhadap minatnya. Anak menjadi lebih berani tampil dengan hal-hal yang mereka sukai. Di acara ini semua anak mampu memberikan penampilan terbaiknya tanpa rasa ragu atau malu.

 

YIS Talent Show juga dihadiri oleh beberapa guru dan orang tua siswa. Secara kolektif, guru dan orang tua siswa menjadi penyemangat bagi anak untuk mengembangkan minat dan bakatnya. Guru dan orang tua yang hadir selalu memberi pujian dan kata-kata semangat bagi seluruh peserta unjuk bakat. Suasana seperti inilah yang kadang tak bisa ditemukan di lembaga pendidikan lainnya.

 

YIS Talent Show juga menghadirkan beberapa juri untuk menilai penampilan siswa. Ada reward khusus bagi mereka yang dinilai memiliki pementasan terbaik, kreativitas dan orisinalitas terbaik, dan paling berbakat. Tentunya hasil diskusi juri tidak masuk dalam penilaian capaian belajar. Namun demikian, penjurian ini akan mengembangkan jiwa kreatif dan sportif pada siswa.

 

Bazaar “Food Truck” Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

 

Bazaar YIS
Bazaar Food Truck - doc.Latifah 

Siswa SD YIS
Keseruan Bazaar - doc.YIS 


Siswa SD Yogyakarta Independent School memamerkan kemampuan wirausaha mereka pada bazaar yang diadakan setelah YIS Talent Show. Bazaar dilaksanakan di lorong sekolah dengan meja kursi ditata mirip food truck.

 

“Bazaar ini untuk mengenalkan ke anak bahwa berjualan tidak harus di store, tetapi bisa juga di suatu tempat terbuka yang banyak orangnya,” kata Bu Fanny Paulin.

 

Siswa SD YIS menjajakan makanan, minuman, dan handy craft secara berkelompok. Pemandangan lucu sekaligus keren nampak di seluruh lorong. Kerennya lagi, bazaar ini diatur sendiri oleh siswa sekolah dasar dan sekolah menengah. Bazaar ini sekaligus merayakan proses belajar yang sudah dilalui serta penyelesaian unit terakhir kegiatan belajar.

 

Orang tua turut meramaikan acara bazaar ini dengan berbelanja makanan dan barang unik yang dijual siswa. Pemandangan khas transaksi jual beli menunjukkan bahwa siswa SD Yogyakarta Independent School mampu melaksanakan tugas dengan baik. Keceriaan siswa selalu terlihat kala lembaran rupiah berpindah tangan.

 

Acara YIS
Peserta YIS Talent Show - doc.YIS 


Rangkaian acara YIS Talent Show dan bazaar yang diadakan 31 Mei 2022 ini juga menjadi pertanda awal dimulainya kembali aktivitas belajar setelah 3 tahun masa pandemi. Semoga kegiatan ini dapat menjadi bekal untuk siswa dalam menempuh perjalanan panjang di masa depan.

 

Demikian oleh-oleh dari YIS Talent Show. Nah, bagi orang tua yang tertarik mengetahui informasi lebih lanjut tentang YIS bisa kontak di Whats App 08112632442.

 

 

Latifah Kusuma
Challenger. Pribadi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7

Related Posts

Posting Komentar