Mie Ayam Bakso Balungan dan Tetelan AA Lezatnya Nampol

9 komentar

 

Mie Ayam Extra Ayam AA


Friends, aku mau bagi cerita kuliner lokal, nih. Beberapa hari yang lalu aku mengantar adik melakukan vaksin dosis kedua. Nah, adik selesai disuntik saat jam makan siang. Pastinya kami langsung cuss hunting kuliner. 

Kebetulan adik suka banget sama yang namanya mie ayam. Kami langsung berselancar mencari warung mie ayam di grup Facebook. Orang Jogja mah pasti tau kalau ada grup Facebook fenomenal bernama "Info Mie Ayam Jogja", wkwk. Di grup itulah adikku menemukan komentar tentang mie ayam ekstra ayam yang ayamnya tumpah-tumpah di daerah Kulon Progo, Yogyakarta. 

Meski warung mie ayam ini agak jauh dari lokasi vaksin, kami tetap nekat dong. FYI, sebelumnya kami sering hunting kuliner hingga ke provinsi sebelah. Jadi jangan kaget, ya. Sekira 40 menit perjalanan terasa indah karena kami terbiasa menikmati pemandangan di sepanjang jalan.

Yes, akhirnya kami sampai pada titik yang dituju. Warung mie ayam yang kami kunjungi berada di kecamatan Pengasih, kabupaten Kulon Progo. Tempatnya udah ada di maps, cari aja "Bakso Balungan dan Tetelan AA ". Yaps, warung ini juga menyediakan berbagai variasi menu bakso.

Mie Ayam Ekstra Ayam


Mie Ayam Ekstra Ayam AA


Aku memesan menu mie ayam ekstra ayam. Sesuai ekspektasi, ayamnya melimpah ruah. Kuahnya beneran tumpah-tumpah. Untung saja, ada tisu di tiap meja pelanggan. Tenang friends, waktu tunggu menu dibuat nggak lama, kok. Cocok buat siapapun yang lagi kelaparan.

Aku segera mencicipi kuah mie yang kaya akan rempah itu. Humm, yummy! Rasanya mantap. Kekuatan bumbunya bikin lidah ingin merasakan lagi dan lagi. Kuahnya banyak, bisa disruput. Ayamnya empuk, irisannya kecil. So, mie ayam ini juga cocok buat anak-anak. 

Mie yang disajikan modelnya kecil-kecil. Porsinya pas, bikin kenyang. Mie ayam extra ayam juga dilengkapi dengan potongan sawi hijau. Sayangnya sawi yang dihidangkan untukku terlalu matang. Hm, tapi selera orang beda-beda, ya. Kalau pengen aman sih request tingkat kematangan sawi dulu saat pesan.

Ada tambahan bawang goreng di atas sajian mie ayam extra ayam ini. Kalau dipadukan dengan kuah, mie, dan ayam, rasanya akan lebih nikmat. Aku yang jarang menyantap kuah mie ayam sampai habis pun tak bisa berkutik. Kuah mie ayam di depanku habis! Kebayang kan, gimana sedapnya...

Mie Ayam Tetelan


Mie Ayam Tetelan AA


Adikku memesan menu ini. Porsi mienya sama dengan menu yang aku pesan. Bedanya, menu ini menyuguhkan potongan ayam lebih sedikit dan esktra tetelan yang lumayan banyak. Kuahnya juga banyak, tapi nggak sampai tumpah. Rasa kuah dan mienya sama.

Menariknya, tetelan yang disajikan sangat empuk dan bersih. Potongannya juga kecil-kecil sehingga memudahkan kinerja gigi penikmatnya. Kata adikku, tetelannya lebih enak dicampur dengan potongan ayam khas "AA".

Bakso Selimut Kabut


Bakso Selimut Kabut


Karena mie ayamnya terlanjur "nagih", aku mencoba menu bakso selimut kabut di lain kesempatan. Awalnya penasaran, kok namanya kayak gini sih? Emang baksonya diselimuti kabut apa?

Ternyata oh ternyata, selimutnya adalah kabut telur. Baksonya berukuran besar. Lapisan luar diselimuti telur campur rebus. Semacam telur dadar, tapi direbus. Jadi kuning dan putih telurnya bercampur sembari menyelimuti si bakso.

Waktu aku iris baksonya, tara... Ada tetelan di dalam bakso berselimut kabut ini. Rasa baksonya "daging" banget. Telurnya lembut, mudah dinikmati. Nah, tetelannya enak, bikin paduan bakso dan telur tambah joss. Bakso selimut kabut juga dilengkapi dengan bakso biasa ukuran kecil, irisan tahu, mie putih, daun sawi, dan bawang goreng. Nikmaat!

Daftar Menu Bakso Balungan dan Tetelan AA 


Waktu pertama kali ke sini, suasana warung bakso dan mie ayam ini cukup ramai. Pasti lah ya, kan jam makan siang. Rombongan pelajar dan pekerja yang sedang beristirahat memilih menu lokal ini sebagai sumber energi.

Aku menyempatkan diri untuk memotret daftar menu di warung sederhana ini. Cekrek.

Menu Bakso Balungan dan Tetelan AA



Lokasi warung berada di jalan utama, tapi bukan jalan besar. Eitss, meski begitu, warung ini dekat dengan pusat aktivitas masyarakat. Lokasi Bakso Balungan dan Tetelan AA letaknya dekat dengan UNY kampus Wates, SMK N 1 Pengasih, Taman Budaya Kulon Progo, dan kantor pemerintahan.

Meski arus lalu lintas di depannya ramai, ruang parkir motor dan mobil tersedia di depan warung. Ruang makan warung mie ayam ini juga luas. Ada ruang indoor, tempat duduk outdoor, dan lesehan.


Warung Mie Ayam AA

Soal pelayanan, nggak perlu diragukan. Chef, kasir, dan server ramah dan tanggap dalam melayani pelanggan. Jam bukanya mulai pukul 9 pagi hingga 8 malam (setiap hari).

Duhh duhh, selesai nulis review jadi laper lagi, kan. Next aku mau ke sana lagi buat pesan bakso urat. Semoga segera dapet kesempatan. 

Yeyy, sekian dulu, friends. Kalau kamu pengen mie ayam yang unik dan enak, cuss ke Mie Ayam Bakso Balungan dan Tetelan AA. Meski agak jauh dari kota Jogja, tapi nggak ada salahnya kamu mencoba. Bocoran nih ya, lokasi warung ini dekat dengan beberapa spot wisata unggulan. Nah kan, jadi kapan mau coba?
Latifah Kusuma
Challenger. Pribadi yang senang berpetualang, baik online maupun di real life. Lebih suka bekerja di lapangan. Bisa disapa melalui instagram dan twitter @latifahkusuma7 . Kerjasama? Kontak latifahkusuma77@gmail.com ya ��
Terbaru Lebih lama

Related Posts

9 komentar

  1. Waduh bikin ngiler nih
    Aku dulu pernah makan mie ayam dengan tampilan seperti itu
    tapi lupa banget, belinya dimana
    Sampe sekarang masih nyari2
    Rasanya juga masih teringat sampai sekarang
    Kalo ke Jogja wajib nyoba nih

    BalasHapus
  2. waduh kok jauh banget

    berapa jauh stasiun Tugu - Kulon Progo, Yogyakarta. ya?

    Rumah saya di Yogyakarta di sekitar stasiun Tugu

    langsung ngeces deh lihat mie ayam dak bakso selimut kabutnya

    BalasHapus
  3. wih sebagai penggemar mie ayam saya langsung ngences pengen coba mie ayamnya. sayang lokasinya bukan di Bandung hehe. Dan itu bakso selimut kabutnya unik juga ya..biasanya telornya yang didalam..jadi daya tarik tersendiri buat penggemar bakso

    BalasHapus
  4. Wah, suka baksonya, bakso tetelan bikin sensasi makan lebih nikmat. Bakso selimut kalau di Jember namanya Bakso Kabut, Kak.

    BalasHapus
  5. wah itu ayamnya beneran melimpah ruah ya, mbak. jadi pengen makan mie ayam lihat fotonya. penasaran juga nih sama baksonya ukurannya gede banget kayaknya

    BalasHapus
  6. Wah baru nemunnih aku mbak, mie ayam yg kuahnya sampe tumpah2 MasyaaAllah, ayamnya juga banjir yaa. Duh pengen coba

    BalasHapus
  7. Sungguhan dari jaraknya kalau menunya sadap dan banyak begini...jadi Worthed yaah..

    Enaaakk~
    Nyaman juga tempatnya yaah..

    BalasHapus
  8. Penggemar mie ayam hadir kak, biasanya kalau makan mie ayam paket lengkap akutuh. Mie Ayam + Ceker + Bakso, terus sambelnya banyakin hehehe

    BalasHapus
  9. aku seneng nih yg toppingnya banyak gituu. ga gitu seneng mie ayam tp sama toppingnya ga bisa lupa, hahaha

    BalasHapus

Posting Komentar